Pelatihan Pengembangan KepribadianPelatihan Pengembangan Kepribadian

A. Deskripsi
Kepribadian tercermin dari sikap, perilaku, dan tutur kata seseorang. Banyak orang yang belum mengenal diri sendiri sehingga sering bersikap diluar kontrol dan berperilaku diluar kesadaran diri. Untuk itu, pengenalan terhadap diri sendiri sangat penting agar seseorang dapat menempatkan diri dalam setiap suasana dan diterima oleh berbagai pihak di berbagai macam lingkungan. Pelatihan pengembangan kepribadian memungkinkan peserta untuk menciptakan keserasian hubungan dalam lingkungan pergaulan karena peserta mempunyai konsep diri yang tepat. Konsep diri yang tepat membantu seseorang untuk menyadari sisi positif dan negatif dirinya, dalam lingkungan seperti apa dia berada, serta tindakan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam posisi tersebut. Inti dari pelatihan ini adalah mempelajari cara memahami diri (baik fisik maupun moral) serta tatacara dan etika pergaulan. Setelah mengikuti pelatihan pengembangan kepribadian ini, peserta diharapkan dapat memiliki kemampuan mengendalikan diri sendiri, baik dari segi sikap, perilaku, dan tutur kata, serta mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain (kolega, atasan, pelanggan maupun relasi diluar perusahaan) dengan baik.

B. Materi

  1. Pemahaman pada diri sendiri (sisi positif dan negatif); bagaimana cara menekan/mengurangi sisi negatif serta meningkatkan sisi positif.
  2. Cara meningkatkan kharisma.
  3. Etika berbusana yang tepat: cara berpenampilan yang sesuai dan mencerminkan citra positif bagi perusahaan.
  4. Etika percakapan dan pergaulan.
  5. Penggunaan bahasa tubuh yang tepat dalam berinteraksi dengan orang lain.
  6. Keterampilan mendengarkan dan cara mengontrol nada suara yang baik.
  7. Table manner.

C. Kompetensi

  1. Memahami konsep diri: mengenali sisi positif dan negatif diri sendiri serta cara mengoptimalkannya.
  2. Memahami cara meningkatkan kharisma agar dapat dipandang positif oleh orang lain.
  3. Memahami etika berpenampilan yang sesuai dan mencerminkan citra positif bagi perusahaan.
  4. Memahami etika percakapan dan pergaulan dalam setiap suasana.
  5. Memiliki keterampilan mendengarkan serta berkomunikasi secara lebih efektif untuk membangun hubungan baik dengan setiap orang.

D. Target peserta
Manajemen puncak, manajer, supervisor, staf perusahaan (khususnya staf yang berhubungan dengan pihak eksternal perusahaan), pengusaha.